Rabu, 24 Juli 2013

“Kenapa Harus Ada FPI ???”



            Akhir-akhir ini banyak media yang memberitakan betapa buruknya aksi-aksi yang dilakukan FPI(Front Pembela Islam). Sebelum kita mulai, sebenarnya apa sih FPI itu ??? tentunya banyak teman-teman yang sudah mengetahui apa itu FPI. Ya FPI adalah  sebuah organisasi massa Islam bergaris keras yang berpusat di Jakarta. Selain beberapa kelompok internal, yang disebut oleh FPI sebagai sayap juang, FPI memiliki kelompok Laskar Pembela Islam, kelompok paramiliter dari organisasi tersebut yang kontroversial karena melakukan aksi-aksi "penertiban" (sweeping) terhadap kegiatan-kegiatan yang dianggap maksiat atau bertentangan dengan syariat Islam terutama pada bulan Ramadan dan seringkali berujung pada kekerasan.
            Banyak orang yang tidak menyukai tindakan kekerasan yang dilakukan FPI ketika mereka melakukan sweeping, namun banyak pula yang mendukung tindakan tersebut dengan alasan memberantas kemaksiatan. Seperti yang diberitakan dimedia akhir-akhir ini dimana FPI berulah lagi dengan melakukan sweeping dengan kekerasan yang berujung pada kemarahan warga hingga akhirnya FPI pun lari tunggang langgang meninggalkan lokasi kejadian.  Berita mengenai  FPI yang sering melakukan sweeping dengan kekerasan sebenarnya sudah lama adanya, namun tidak ada tindakan apapun dari pihak penegak hukum Negara kita ini.
            Diberbagai acara debat pun tidak mau ketinggalan dengan ikut memperdebatkan mengenai FPI ini. Dimana didalam perdebatan itu terdapat kalimat yang diucapkan oleh salah satu petinggi FPI “Kami hanya melakukan monitoring ketempat-tempat yang biasanya terjadi kemaksiatan, dan kami juga sudah berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak kepolisisan setempat, bahkan pihak kepolisian juga ikut bersama kami”. Dari kalimat itu bermunculan berbagai pendapat yakni sebenarnya apa hak FPI untuk melakukan monitoring ? dan kenapa pihak kepolisian mengizinkan FPI untuk melakukan monitoring ? Jika pun di izinkan kenapa harus memakai kekerasan yang dapat memberi citra buruk terhadap Islam.
            Ini lah bentuk ketidak percayaan FPI terhadap para penegak hukum dan pemerintahan yang tidak mampu bertindak tegas terhadap kemaksiatan. Akan tetapi tidak seharusnya sweeping yang dilakukan FPI selalu berujung dengan kekerasan. Bahkan setelah FPI melakukan sweeping dengan kekerasan Presiden SBY pun angkat bicara, agar FPI tidak bertindak anarkis dan segera proses hukum anggota FPI yang bertindak anarkis. Namun FPI tidak melunak dan membalas dengan menyebutkan bahwa SBY adalah Pecundang. Pantas kah organisasi yang berlandaskan Islam berbicara seperti ini ? seakan-akan tidak menghargai presiden mereka sendiri.
            Berita terakhir yang bermunculan diberbagai media online yakni situs resmi FPI diserang para Hacker, tidak hanya satu tetapi banyak para hacker yang justru berlomba-lomba menyerang situs FPI. Dimana terdapat salah satu hacker yang menulis “FPI Telah Melawan Hukum” dan  “Hacked by Besideo7. Serius gan?”.
            Lantas setelah seperti ini tentunya kita berfikir kenapa harus ada FPI yang justru dapat memberi citra buruk bagi Islam tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Apa gunanya para penegak hukum kita ? dimana mereka ?
           


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar